Quo vadis Flagship DeTIKNas #11 “Cheap PC”?

Posted: November 28, 2007 in Cheap Laptop, Home Working, Linux, Mobile Internet, Telecommuting
Tags: , , , , ,

Proyek OLTP adalah sebuah proyek mulia yang dicetuskan oleh Prof. Nicholas Negroponte dari MIT untuk mendonasikan sebuah Laptop bagi anak2 di negara berkembang dalam rangka pengentasan kemiskinan.

Inisiatif Prof. Negroponte ini diumumkan di World Economic Forum tahun 2005, dengan dukungan dari AMD, Google, Brightstar dan Red Hat. Pada bulan Desember 2005 Quanta Computer bersedia memproduksi OLPC seharga US$200. Produksi massal OLPC baru dimulai November 2007 ini, sebab pencarian dana kurang mendapat response dari banyak negara.

Untuk menanggulangi masalah dana ini Yayasan OLPC (Foundation) membuat program selama bulan November 2007 penjualan OLPC dengan merek XO seharga US$399, dengan cara “Buy One Donate One”, yaitu pembeli beli US$399, dapat satu OLPC XO, dan satu lagi di-donasikan ke seorang anak di negara berkembang. Jadi uang yang US$200 dipakai untuk beli OLPC XO bagi anak miskin di negara2 berkembang. Iklan tentang OLPC XO ini dapat dilihat di website http://youtube.com.

OLPC XO ini telah mendapatkan sertifikasi keamanan dari beberapa negara, dan saat ini dapat dijual secara legal AS, Kanada, Uruguay, Peru dan beberapa negara lainnya. Sertifikasi dari European Union akan didapat pada minggu depan.

Terkait dengan program OLPC Prof. Negroponte ini, melalui forum ini saya ingin menanyakan bagaimanakah kelanjutan dari Flagship DeTIKNas #11 “Cheap PC”? Apakah masih akan dilanjutkan ataukah telah dihapus dari program kerja DeTIKNas?

Kalau dihapus, kami sangat menyayangkan hal ini. Namun kalau masih ada, silahkan di sosialisasikan kepada masyarakat luas, agar bila diperlukan dukungan pendanaan, dapat digalang dari masyarakat mampu atau perusahaan besar, seperti yang dilakukan oleh Yayasan OLPC Prof. Negroponte di AS, dengan cara “Buy One Donate One”

Tentu saja tidak harus pakai produk Quanta Computer merek XO ex Taiwan, tetapi bisa saja produksi Laptop murah karya anak2 bangsa, seperti gPC Everex yang saya posting di milis beberapa hari yang lalu.

Untuk menekan biaya, dapat dipakai Open Source software, seperti gOS yg berbasis Ubuntu v.7.10 dan aplikasi-aplikasi Open Office dan Firefox yang gratis.

Silahkan ditanggapi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s