Netbook baru yang Tipis & Murah akan mendominasi Pasar PC

Posted: April 2, 2009 in Pasar PC akan didominasi Netbook Tipis dan Murah berbasiskan LINUX
Tags:

Dalam 3-bulan mendatang diramalkan akan terjadi Revolusi PC dimana akan marak terjual PC yang tipis dan sangat murah berbasiskan LINUX (disebut Netbook) yang mampu dengan cepat mengakses Internet, Web, Google, Yahoo, YM, Youtube, Facebook, Online-Games dan lain-lain lagi, dengan daya tahan battery yang sekali isi untuk sehari penuh. Netbook yang ada sebelumnya berbasiskan CPU ATOM yang murah tetapi lamban, hanya bagus untuk membuka dan membaca e-mail, namun sangat lelet kalau dipakai untuk aplikasi grafik, youtube, Online-Games dan streaming video. Umumnya Netbook lama masih memakai operating system Windows XP yang sangat membebani kecepatan processing komputer.

Revolusi PC ini dipicu oleh sebuah kombinasi CPU ARM yang canggih yang biasa dipakai di HP dan Smartphone atau PDA dengan Operating System LINUX. Dengan harga CPU ARM sebesar US$20 dan Operating System dan Aplikasi Linux sebesar US$3 (kalau pakai Windows XP harganya US$25), maka kombinasi ini akan memunculkan Netbook baru yang sangat kompetitif. Dibandingkan dengan processor ATOM, maka processor ARM adalah jauh lebih canggih, cepat dan energy-efficient. Oleh karena itu Netbook baru ini akan dapat bertahan selam satu hari tanpa recharging battery. Processor canggih lainnya yang juga berpotensi adalah Snapdragon, yang akan dipakai oleh Acer, Samsung, LG dan Asustek.

Jen-Hsun Huang, CEO vendor sistem grafik Nvidia meramalkan bahwa era PC lama akan mati dan digantikan oleh era Netbook canggih, tipis dan sangat murah, berukuran 10-12 inchi. Cita-cita Nicholas Negroponte, pendiri Asosiasi One LapTop per Child (OLTP) seharga US$99 akan ter-realisir dalam tahun 2009 ini juga.

Raksasa Industri PC yang akan terpengaruh oleh revolusi Netboo kali ini adalah Microsoft dan Intel. Pada Kwartal Akhir tahun 2008 Microsof untuk pertama kali dalam sejarahnya mengalami penurunan penjualan software-nya.

Vendor lainnya yang juga akan terpengaruh adalah Apple dengan 3G iPhone-nya dan Blackberry yang sangat mahal harganya namun dengan fitur grafik terbatas dan layar yang sangat sempit. Perangkat-perangkat ini hanya bagus untuk baca email dan chatting. Hanya bagus untuk prestise dan penampilan sebagai Eksekutif yang tidak Gaptek.

Apa bukti dan tanda-tandanya bahwa Netbook baru ini akan mendominasi pasar?

Operator Telekomunikasi AS AT&T minggu ini menawarkan kepada pelanggannya sebuah Netbook seharga US$50 asalkan mereka mau mem-bundel dengan kontrak layanan jasa Internet. Malah sudah ada satu operator lainya di AS yang menawarkan Netbook gratis asal mereka menandatangani kontrak layana data, seperti yang telah dilakukan oleh operator di Jepang saat ini.

Diramalkan bahwa Netbook baru ini akan menguasai pasar PC sampai 10% dalam tahun 2009.

Munculnya Netbook baru ini juga dapat menjawab keinginan MENDIKNAS Bambang Sudibyo agar para guru dan murid-murid sekolah memiliki masing-masing sebuah Netbook yang murah namun canggih dan bermanfaat dalam mencerdaskan bangsa.

Silahkan ditanggapi.

Comments
  1. ivan says:

    Dulu gak kebayang punya handphone…sekarang mungkin hampir semua orang punya handphone…mudah2an bsok lusa semua orang bisa punya komputer karena harganya yang semakin murah tapi canggih…

  2. henny says:

    kapan mulai di pasarkan ya? brand netbook apa saja yg memakai CPU ARM?

  3. lie says:

    wah,g kebayang nih kl smua orang punya netbook ini pasti rakyat indonesia pd cerdas.

  4. sroestam says:

    Di pameran komputer bulan Nopember 2009 banyak dijual Netbook canggih dengan OS Windows XP maupun Linux, CPU Intel Atom N270, Harddisk 160 GB, 1GB Memory + WiFi, LAN, USB. Harganya sudah berkisar Rp 2 jutaan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s