BSA: Software bajakan tidak melulu soal Daya Beli

Posted: May 28, 2009 in BSA: Softare bajakan tidak hanya soal Harga

Ardhi Suryadhi – detikinet

Jakarta – Business Software Alliance (BSA) menolak jika dikatakan keengganan pengguna komputer untuk membeli software asli hanya karena masalah harga softaware resmi tersebut yang kelewat mahal.

Kepala Perwakilan Business Software Alliance Indonesia Donny A. Sheyoputra mengatakan, itu hanyalah satu alasan namun bukan yang utama. “Namun yang paling utama adalah soal kesadaran dari pengguna,” ujarnya di sela seminar bertajuk ‘The Importance of Strict Corporate IT Policy as Defense Agains Legal Claims of Software Piracy’ yang digelar di US Commercial Service, Jakarta, Kamis (28/5/2009).

Dilanjutkan Donny, BSA selalu menghimbau anggota yang merupakan para produsen software lokal ataupun global untuk memberikan harga yang terjangkau kepada pengguna. Namun jika apa-apa dimurahkan, nanti dikhawatirkan malah akan kebiasaan.

“Kalau alasannya daya beli, dan ketika nanti daya beli mereka sudah naik maka bisa saja mereka akan tetap menginginkan harga software yang murah,” tukasnya.

Pun demikian, Donny tidak menampik, jika harga memang masih jadi bahan pertimbangan bagi pembeli software legal, terutama untuk personal user alias pengguna rumahan.

Selain kedua hal di atas — kesadaran dan daya beli — faktor yang jadi pemicu menggeliatnya penggunaan software ilegal di Tanah Air adalah terkait masalah accessibility.

“Kalau di negara lain juga memang gampang membeli software bajakan, namun di Indonesia sudah terang-terangan. Coba lihat ke Ratu Plaza, pasti akan ada para eksekutif muda yang bergaya parlente membeli barang bajakan, entah itu software, film atau musik. Jadi bukan hanya masalah daya beli,” jelasnya.

Sebagian pihak juga ada yang dituding ikut memperkeruh suasana dengan membuat konflik perihal perlindungan Hak atas Kekayaan Intelektual hanya untuk menguntungkan negara maju.

“Untuk hal ini memang ada sebagian orang yang masih menganggap isu HaKi sebagai sesuatu yang tidak penting,” Donny menandaskan. ( ash / sha )

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s