About This Blog

This Blog belongs to Mr. Sumitro Roestam, a Senior Consultant in Strategic Management, Telecommunications and Information Technology, as well as an observer of various national issues of strategic importance for the development of Indonesia.

Sumitro Roestam Bog ini dikelola oleh Sumitro Roestam, Senior Consultant dalam bidang Strategic Management, Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK/ICT), pengamat permasalahan penting untuk memajukan Bangsa dan Negara Indonesia.

Comments
  1. prayudi says:

    Salam kenal pa, saya mengikuti dengan cermat pemikiran2 bapak di sejumlah milis dan menjadi bahan pencerhan bagi saya untuk mengenal lebih lanjut permasalahan dunia TIK indonesia.

  2. sroestam says:

    Pak Prayudi dan Kawan2 Yth,

    Blog ini memang kami khususkan untuk menjadi Forum Diskusi tentang berbagai isyu tentang Strategic Management dan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), sehingga dapat dicapai suatu konsensus atau kesimpulan bagaimana memecahkan berbagai persoalan tersebut di Indonesia yang terbaik atau tercepat.

    Silahkan terus memantau perkembangan Forum Diskusi melalui Blog ini, dan kami sangat berterimakasih bilamana Pak Prayudi atau Kawan2 lain turut serta dalam Diskusi tentang berbagai masalah penting di negeri tercinta ini.

    Tujuan akhirnya adalah tercapainya kemajuan pesat teknologi, ekonomi, perdagangan, industri, sosial kemasyarakatan Indonesia untuk menuju ke masyarakat Indonesia yang makmur dan sejahtera.

    Wassalam,

  3. Hardjono says:

    Salam kenal Pak. Saya lihat banyak posting dari Pak Roestam di telematika@yahoo.

    [TH]

  4. sroestam says:

    Pak Hardjono Yth,

    Terimakasih atas salam kenal Bapak.
    Semoga kita dapat saling berbagi Ilmu untuk memajukan Bangsa dan Negara.

    Wassalam,

  5. Apa kabar Pak S. Roestam, salam kenal dari saya sebelumnya.
    Saya sangat tertarik dan selalu mengikuti pemikiran-pemikiran Bpk, baik dimilis maupun weblog ini. Menurut saya seandainya penentu kebijakan dinegeri ini bisa berpikiran efisien dan maju demi kepentingan rakyat banyak yang mayoritas masih dibawah negara lain saya rasa Insya Allah kita akan bisa dengan cepat bangkit dari keterpurukan dibidang ekonomi maupun teknologi. Karena menurut pengalaman saya selama bekerja di kontraktor yang sering mengikuti tender-tender pekerjaan IT di instansi pemerintah hampir tdk pernah ada tender yang murni dan bersih dari kkn, dan sykurnya sdh hampir 3 tahun ini saya bekerja sendiri dirumah free lancer untuk it support, dll. Shg ketenangan bisa lebih saya nikmati. Terima kasih.

    Dari Admin: Pak Agus Supriyanto Yth,
    Terimakasih atas perhatian Bapak. Saya sedang usahakan agar Indonesia menerapkan Telecommuting atau Home Working seperti yang telah Bapak kerjakan sekarang. Mohon izin Bapak bila sewaktu-waktu saya buat Bapak sebagai contoh untuk Home Working, agar ditiru oleh banyak eksekutif atau karyawan perusahaan2 lain.Silahkan ikut-serta dalam “Diskusi Telematika 2008 di Cyberspace” di URL: http://mastel.wordpress.com

    Sudah ada 35-Topik Bahasan yang sedang dibahas. Kontribusi Bapak akan mempercepat penggunaan TIK untuk memajukan perekonomian dan seluruh aspek kehidupan bangsa dan negara, karean semuanya akan menjadi transparan, cepat, efektif dan efisien,.
    Wasslam,
    S.Roestam

  6. Assalamualaikum wr wb,

    Salam kenal buat bapak Sumitro Roestam yang saya hormati, maaf saya tidak mempunyai blog, jadi hanya memasukkan link Friendster saya.

    Saya sangat senang dengan tulisan2 bapak yang ada di blog ini. Isinya sangat menarik dan menggugah para generasi muda Indonesia untuk bisa terus berkarya. Dan saya harapkan saya bisa termasuk salah seorang diantaranya, amien…

    Oiya, sebelumnya perkenalkan nama saya Muhammad Hendra Saputera, saya mahasiswa JP BA Malang, jurusan TI. Bisa di bilang saya termasuk junior bapak yang tentunya sudah lama bergelut dalam bidang yang satu ini, sedangkan saya masih baru mempelajari dasar-dasarnya. Oleh sebab itu saya mohon bimbingannya.

    Saat ini saya sedang melaksanankan magang di salah satu perusahaan IT di German, yaitu : Avira GmbH, semuanya juga berkat adanya program pertukaran mahasiswa yang di biayai oleh Dikmenjur. Kebetulan saya mendapat proyek untuk membuat sebuah VOIP server berbasis linux gentoo dan asterisk, yang akan menghubungkan antar kantor-kantor cabangnya di manca negara. Mudah-mudahan ilmu yang tidak seberapa ini bisa bermanfaat nantinya untuk kemajuan Bangsa Indonesia, amien.

    Mengenai materi yang bapak sampaikan di blog ini yang membahas masalah IP04 Four Port IP-PBX sangat menarik perhatian saya, apabila bapak berkenan mohon bimbingannya untuk membahas materi ini lebih lanjut, karena saya tidak bisa mengikuti seminar tersebut.

    Jika bapak bersedia untuk bertukar pikiran dan punya waktu luang untuk berdiskusi bisa menghubungi saya di alamat email:bripda_hendra@yahoo.com atau bripdahendra@gmail.com.

    Terimakasih banyak untuk perhatiannya.

    Salam hormat,

    Hendra

  7. sroestam says:

    Adik Hendra Yth,

    Terimakasih atas tanggapan anda.
    Saya ikut senang Anda dapat magang di Jerman. Mudah-mudahan berhasil baik dan lancar.

    VoIP merupakan Killer Aplication masa depan, di era 3G atau 4G, layaknya SMS di Era 2G.

    Tentang IPv4 danIPv6, yang lebih mendalami adalah pak Onno W Purbo. Beliau punya banyak artikel di URL:

    http://opensource.telkomspeedy.com/wiki/index.php/Main_Page

    Kalau perlu, kawan2 di BPPT yang saya kenal juga bisa membantu.
    Saran saya, silahkan anda ikut Milis telematika@yahoogroups.com, disitu ada banyak yang bisa berdiskusi. Saya salah satu Co-Mederator Milis itu.

    Wassalam,
    S Roestam

  8. arev says:

    Selamat Siang Pa Soemitro

    Assalamualaikum wr wb,

    Salam kenal buat bapak Sumitro Roestam yang saya hormati
    banyak referensi dunia TIK indonesia yang saya baca d blo bapak
    mudah2 an dapat menjadi referensi bagi penggiat bisnis IT
    di Indonesia

    Wassalamualikum wr.wb

  9. you amoye says:

    mantap pak..trimakasih ya..atas infonya

  10. Md Santo says:

    Terima kasih pak Sumitro Roestam atas partisipasinya di SNS Mobee Knowledge CoP (http;//mobeeknowledge.ning.com). Semoga kita bisa saling “sharing knowledge” dan “active collaboration” serta “social networking” dalam rangka mengejar ketertinggalan komunitas kita yakni adanya gap antara “e” factor (technology infrastructure / digital aspect) dengan “learning” faktor (human side aspect : learning strategy & learning platform) dalam konteks e-learning secara keseluruhan.

  11. irawan firmansyah, S.kom says:

    terimah kash atas informasih tentang briket dari sampah yang bapak informasihkan, ada satu hal yang membuat saya jani penasaran, bagaimana proses dari pembuatan briket tersebut Pak, karna ditempat saya tinggal di Bengkulu minyak tanah cukup langkah jadi saya mohon bapak dapat memberi informasih tentang briket tersebut ?

  12. sroestam says:

    Dik Irawan Yth,
    Minyak tanah sekarang memang relatif mahal untuk memanasi Oven pembuat Briket Sampah. Saran saya, pakai bahan bakar kayu, serbuk gergaji atau batubara bila tersedia sebagai gantinya untuk memanasi Oven. Alternatif lainnya, sampah bila ditumpuk akan menghasilkan Gas Metan yang mudah terbakar, jadi ini juga bisa dipakai untuk memanasi Oven. Untuk itu, sampah tersebut perlu dimasukkan kedalam drum tertutup, agar gas yang dihasilkannya bisa ditampung dan disalurkan.
    Muda-mudahan bisa dilaksanakan di Bengkulu.
    Wassalam,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s